Posted on Leave a comment

Sistem-sistem Membersihkan CPU Komputer

Perawatan secara terstruktur kepada pc bisa memberikan imbas yang signifikan atas umur gunakan pc itu sendiri, bukan semata debu dan kotoran yang akan senantiasa bertambah didalam casing pc yang perlu dibersihkan tapi sebagian part mekanik yang juga perlu dilumasi dengan pelumas.

Khusus pada pc-pc yang dipakai pada kantor, warnet, dan daerah-daerah lain yang menuntut pc berprofesi secara terus-menerus. Berikut langkah-langkah dalam membersihkan pc :

  1. Memutus arus listrik, lepas seluruh kabel yang terhubung dengan sumber listrik dan peripheral lain, misalnya keyboard, mouse, monitor dan printer. Pastikan tidak ada lagi kabel menuju cpu.
  2. Bersihkan power supply unit (psu), power supply yang kumal sebab debu bisa membikin suhu didalam power supply melonjak, khususnya jika kipas yang ada didalam psu bergerak lamban sebab kumal oleh debu dan tidak terlumasi dengan bagus.

Baca : Cairan pembersih karat

Lepaskan kabel psu yang menuju mainboard, lepaskan baut-baut yang mengikat psu pada casing, jika masa garansi psu anda sudah usai karenanya tidak perlu ragu untuk membuka penutup psu, langkah ini akan memudahkan anda membersihkan psu, bersihkan segala debu dengan kuas kecil yang lembut dan tiup dengan kompresor bertekanan rendah atau dengan alat peniup (blower). Semprot bearing pada kipas dengan wd40, teteskan minyak pelumas pada bearing kipas. Pasang kembali tutup body psu.

Baca juga : Cairan pembersih serbaguna

  1. Bersihkan ram, harddisk, cd rom. Lepas seluruh bagian hal yang demikian dari dudukannya. Bersihkan debu yang melekat pada permukaan bagian-bagian hal yang demikian. Nampak untuk ram, observasi kaki-kaki konektor yang berwarna keemasan, jika warna kakinya kelihatan kurang mengkilap, bersihkan dengan penghapus pensil, dan lihat akibatnya, kaki-kaki konektor ram akan mengkilat, keadaan ini akan membenarkan mutu hantaran antara ram dengan mainboard.
  2. Bersihkan mainboard. Perhatikan yang tersisa di casing mungkin cuma tinggal mainboard. Lepaskan segala baut yang mengikat mainboard dengan casing, lakukan secara hati-hati supaya mata obeng tak merusak mainboard. Bersihkan mainboard dari debu yang melekat dengan kuas secara pelan dan hati-hati. Komponen slot-slot konektor seperti slot untuk ram, pci, pci-ex dan lainnya, pastikan tidak ada debu yang menyelinap didalam slot-slot hal yang demikian. Bersihkan pula permukaan belakang mainboard.
  3. Bersihkan heatsink procesor. Setelah ini yaitu komponen yang amat beresiko. Lepaskan pengikat heatsink dengan mainboard. Angkat pelan heatsink dari dudukannya, lazimnya thermal paste yang ada dibawah permukaan heatsink akan melekat erat dengan procesor, jika terasa susah untuk mengangkat heatsink dari dudukannya, lakukan dengan memutar-mutar heatsink secara pelan. Sesudah heatsink terlepas, bersihkan kipas dari debu dan lumasi bearing kipas seperlunya. Bersihkan sisa-sisa thermal paste pada permukaan heatsink.
  4. Bersihkan procesor, lepaskan procesor dari dudukannya, bersihkan sisa thermal paste yang menempel, dan pastikan tidak ada debu yang menyelinap pada dudukan.
  5. Bersihkan casing. Sesudah tidak ada peripheral yang tersisa didalam casing, bersihkan seluruh komponen casing dari debu, jika dibutuhkan, pakai cairan pembersih serbaguna yang banyak terdapat di kios-kios serba ada.
  6. Merakit kembali. Sesudah seluruh bersih, pasang kembali seluruh bagian. dari pemasangan procesor, kasih thermal paste secukupnya jangan terlalu banyak, pastikan segala permukaan procesor tertutupi secara tipis oleh thermal paste. Lanjutkan dengan memasang segala bagian dengan urutan terbalik saat mengungkapnya.
  7. Running test. Hidupkan pc dan observasi process yang berjalan, pantau temperatur procesor dan pastikan segala kipas berfungsi.

jasa aqiqah bandung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *