Posted on Leave a comment

Keunggulan Menggunakan Epoxy Lantai

Keunggulan cat epoxy lantai sangat mendorong untuk perawatan lantai atau beton pada suatu bangunan seperti gedung-gedung, pabrik, rumah sakit, atau rumah pribadi sekalipun. Banyak yang belum mengenal apa saja keunggulan yang didapat bila menggunakan cat epoxy pada beton atau lantai. Disini kami akan memberikan informasi mengenai keuntungan dan keunggulan yang dapat Anda peroleh. Berikut adalah manfaat menggunakan cat epoxy :

Keunggulan Cat Epoxy

1. Tahan Terhadap Goresan : Manfaat cat epoxy bisa membuat daya tahan lantai menjadi lebih kuat terhadap goresan atau benturan dibandingkan dengan cat pada umumnya, karena cat epoxy memiliki ketebalan yang cukup.

2. Tampilan Lantai :Tampilan lantai akan berubah menjadi lebih menarik dengan menggunakan cat epoxy. Mempunyai warna yang cerah sehingga lebih enak untuk dilihat dan juga cat epoxy memiliki berbagai macam warna-warna cerah yang dapat Anda pilih sesuai dengan warna yang Anda sukai.

3. Daya Tahan : Lantai atau beton yang dilapisi dengan cat epoxy memiliki umur yang lebih lama.

Baca Juga: Harga Epoxy

4. Harga Terjangkau : Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk perawatan lainnya, karena daya tahan cat epoxy membuat lantai berumur panjang dan sangat tahan terhadap goresan dan benturan, juga tahan kepada noda dan kuman.

5. Tahan Terhadap Bahan Kimia : Keunggulan cat epoxy mempunyai ketahanan mekanis yang tinggi kepada bahan kimia, karena cat epoxy terdiri dari dua bagian yang di formulasikan dari resin epoxy yang direaksikan dengan polyamida.

Pemasangan epoxy lantai merupakan pemasangan cat epoxy lantai beton Anda. Cat epoxy terdiri dari dua bahan khusus, diantaranya cat epoxy/resin dan hardener. Dua bahan tadi di aduk sampai rata kemudian di lapiskan di atas beton. Sesudah cat tersebut kering akan menyusun lapisan tipis yang sangat keras, tahan terhadap air, bahan kimia dan berwarna. Pada kondisi tertentu akan terlihat efek glossy atau mengkilap.

Cek Juga: Jasa Epoxy Lantai

Berikut merupakan cara yang benar dalam pemasangan epoxy lantai :

1. Lantai wajib berbahan kuat seperti beton. Mesti kuat artinya bahwa lantai beton wajib bisa mendapatkan bobot berat tanpa terjadi penurunan.
2. Umur lantai paling tidak wajib 28 hari dengan tingkat kelembaban tidak melebihi 80% RH disaat akan memulai pengerjaan.
3. Untuk Anda yang lantainya berada lantas di atas tanah, supaya direkomendasikan dilapisi oleh lapisan penghambat uap air (water vapour barrier) yang berbentuk lembaran tipis berbahan bitumen yang dilapisi oleh bahan plastik polyesthylene.
4. Permukaan lantai halus, tidak bergelombang dan tidak kasar.
5. Disaat pengecoran lantai wajib diratakan dengan perlengkapan yang memadai dan ketinggiannya diawasi dan dicermati dengan perlengkapan ukur yang baik (theodolit maupun sistem laser), sehingga kerataan, kehalusan dan ketinggian lantai sesuai dengan rencana awal pengerjaan
6. Pakai air dan sabun untuk mencuci bersih kotoran cair berupa minyak, oli atau pasta.
7. Cara pengupasan permukaan seperti menggunakan alat grit-blasting, waterjetting, Blastrac maupun diamondize scrubber dapat digunakan terutamanya untuk permukaan yang sudah terkontaminasi oleh tumpahan semen atau kotoran kering yang sudah membatu dan lainnya.
8. Lantai beton yang sudah memenuhi syarat di atas, dilapisi secara khusus dulu dengan Epoxy Primer bisa menggunakan roller maupun disemprot dengan tekanan udara.
9. Tunggu Lapisan primer kering untuk paling tidak dibiarkan selama 12 jam. Kemudian lakukan Base Epoxy Coat,Body Coate dan Top Coate – Setiap tingkatan di Sending dan Cleaning.
10. Pakai roller yang berkualitas baik, dimana bulu-bulunya tidak akan rontok saat digunakan.
11. Pelapisan dikerjakan 2 kali, dimana arah pelapisan sebaiknya saling bersilangan selama proses pelapisan, perhatikan kebersihan lantai dari debu,serangga terbang seperti lalat, laron, nyamuk dan lainnya. Jika ditemukan kotoran atau binatang yang jatuh harus langsung dibuang dan dilapis kembali. Selama proses kerja bukalah seluruh jendela dan pintu karena ruangan tertutup berbahaya untuk keselamatan pekerja.
12. Dilarang keras mengisap rokok saat mulai pencampuran sampai pelapisan.
13. Setiap kali selesai pelapisan, lantai tidak boleh dilalui orang, gerobak maupun kendaraan lainnya sampai minimal 12 jam. Sesudah 12 jam, orang dijinkan menginjak lapisan cat epoxy lantai akan tetapi dengan sangat hati-hati dan tidak menggunakan sepatu yang mempunyai ujung atau sol sepatu yang tajam atau keras.
14. Sebaiknya pekerja berjalan tanpa menggunakan sepatu sama sekali atau hanya menggunakan sandal karet yang lunak.
15. Gerobak, handpallet, forklift maupun kendaraan lain, sebaiknya hanya baru melintasi lantai jika sudah 7 hari dari pelapisan terakhir.

Itulah beberapa keunggulan cat epoxy dan juga cara memasang epoxy lantai. Bagi Anda yang berencana melakukan pemasangan epoxy lakukan tahap-tahap diatas agar pemasangan epoxy dapat berjalan dengan baik.

Kunjungi Juga: Harga Epoxy Lantai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *