Posted on Leave a comment

Bahan Kimia Tentang Kertas Yang Mungkin Jarang Diketahui Orang

Specialty Chemicals – Kertas lazimnya diketahui sebagai media utama untuk menulis, mencetak, dan melukis. Kertas itu sendiri mempunyai arti sebagai bahan tipis, yang diproduksi oleh kompresi serat yang berasal dari pulp. Serat yang diaplikasikan lazimnya ialah bahan natural dan mengandung selulosa dan hemiselulosa. Secara lazim, apa yang orang kenal yaitu bahan untuk membikin kertas yaitu kayu. Namun, tahukah Anda macam kayu apa yang diaplikasikan? Untuk memahami lebih lanjut perihal bahan kimia dan bahan kertas, mari pertimbangkan penjelasan berikut.

Bahan Kimia dan Bahan Kertas

Banyak pabrik kertas besar menerapkan kayu sebagai bahan baku utama pembuatan kertas. Sebab bahannya gampang diperoleh dan mempunyai kriteria yang dianggap layak dalam pembuatan kertas. Bahan pembuatan kertas itu sendiri terdiri dari tiga bagian, adalah bahan baku, bahan asisten, dan bahan komplemen. Berikut sebagian bagian dalam pembuatan kertas untuk menerima hasil yang bagus, adalah:

Bahan baku

Bahan dasar untuk membikin pulp dan kertas yaitu serat selulosa. Serat selulosa itu sendiri bisa didapat dari bermacam tanaman, bagus produk pertanian (seperti tebu, bambu, jerami) atau hasil hutan (kayu). Kayunya sendiri dibagi menjadi dua kelas, adalah kayu daun lebar (kayu keras) dan kayu jarum (kayu lunak). Kayu daun lebar (hardwood) yang lazimnya diaplikasikan dalam pembuatan kertas yaitu pohon akasia dan pohon jati. Meski kayu jarum (kayu lunak), adalah kayu pinus yang mempunyai panjang dan kekasaran lebih panjang, diaplikasikan untuk memberi daya pada kertas. Kayu keras lebih padat dan halus, menjadikan permukaan kertas yang lebih halus. Kayu keras juga lebih gampang diputihkan sehingga warnanya lebih cemerlang sebab mempunyai lebih sedikit lignin.

Bagian Kimia Kayu:

Selulosa
Selulosa sendiri ialah bagian kimia kayu terbesar. Kandungan selulosa pada kayu daun lebar yaitu antara 44-60% dan kayu jarum yaitu antara 49-58%. Kandungan selulosa yang tinggi dalam bahan dasar benar-benar disukai dalam pembuatan pulp dan kertas. Sebab berfungsi menyusun jalinan serat dengan ikatan hidrogen antara hidroksi selulosa.

Hemiselulosa
Hemiselulosa yaitu polisakarida lain yang ditemukan dalam kayu dan dikelompokkan sebagai senyawa organik.

Lignin
Lignin yaitu bagian kimia terbesar dalam kayu sesudah selulosa yang ialah senyawa rumit dan non-karbohidrat.

Zat Ekstraktif
Ini yaitu zat yang disimpan di rongga sel dan terdiri dari bahan kimia seperti minyak, resin, lilin, lemak, pewarna, dan asam organik lainnya.

Bahan tolong kertas mencakup:

Air diperlukan sebagai agen pencuci dan pelarut. Air juga benar-benar dibutuhkan dalam pembuatan kertas.
Bahan pemutih dibutuhkan untuk membikin kertas lebih putih sebab bahan baku kertas tak mempunyai warna. Bahan pemutih mencakup :

Klorin (Cl2) dan klor dioksida (C1O2)
Sodium hidroksida (NaOH)
H2O2

Bahan-bahan penghancur kayu diperlukan supaya cara kerja penghancuran kayu bukanlah respon mekanis melainkan kimiawi. Bahan-bahan ini mencakup:
Asam
Sulfat Asam Alkali
Sodium Hydroxide
Zat pewarna (dibutuhkan dikala membikin kertas berwarna)

Bahan komplemen

Ada dua macam bahan komplemen dalam cara kerja pembuatan kertas, adalah:

Pengisi, bahan yang diaplikasikan untuk menutupi lubang halus pada permukaan kertas. Sehingga kertas yang halus dan rata dapat diperoleh. Bahan-bahan ini termasuk:
Kaolin
Cast
Diatomaceous
kapur Magnesit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *